Pemdes Ciherang Pondok Gelar Pembuatan Akta Kelahiran Secara Gratis - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita

Selasa, 17 Maret 2020

Pemdes Ciherang Pondok Gelar Pembuatan Akta Kelahiran Secara Gratis

Pemdes Ciherang Pondok Gelar Pembuatan Akta Kelahiran Secara Gratis



Tribunnewa.my.id Bogor

Pemerintah Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan pelayanan pembuatan akte kelahiran secara gratis di kator desa setempat.

Kepala Desa Ciherang Pondok, Aldi Wiharsa mengatakan kegiatan pembuatan akta kelahiran ini merupakan program Jemput Bola (Jembol) Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

"Ini adalah program jembol pemda yang dilaksanakan melalui Disdukcapil, dimana bertujuan agar warga khususnya yang ada di wilayah Ciherang Pondok mengetahui betapa pentingnya dokumen identitas berupa akta kelahiran ini," katanya. Senin (17/3/2020).

Selain penting untuk dimiliki sebagai dokumen identitas diri, lanjut Aldi, tujuan lainnya juga dimaksudkan supaya warga  lebih disiplin tentang pentingnya identitas pengakuan diri.

"Intinya, kami bersyukur dan berterima kasih kepada pemda. Sebab,  telah menyelenggarakan kegiatan ini. Warga pun antusias menyambutnya. Tentu berkat
pemberitahuan dari pihak Pemerintah Desa beberapa hari ke belakang," imbuhnya.

Dalam pembuatan akta lahir, ada sekitar 550 warga yang antusias ingin membuat akta kelahiran tersebut. Namun, dari jumlah kuota itu hanya 350 paket yang akan terealisasi. "Sisanya mungkin nanti akan dilanjut ke pihak UPT dan kami berharap semoga dengan adanya pembuatan akta ini ini, bisa bermanfaat khususnya bagi warga masyarakat Ciherang Pondok," terang Aldi.

Senada diungkapkan Ketua PKK Desa Ciherang Pondok, Novi. Menurutnya, dari kuota yang diusulkan Pemdes Ciberang Pondok sebanyak 550, hanya 350 yang bakal terealisasikan. Sedangkan, untuk sisanya ada kemungkinan menyusul sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Jadi, saking banyaknya antusias warga kami belum bisa membuatkan semuanya, tapi nanti bagi yang belum dapat akta bisa menyusul.

Ia berharap, kegiatan ini akan menjadi program berkelanjutan, karena masih banyak warga yang belum masuk guna mendapatkan akta lahir akibat terhambatnya persyaratan yang harus dipenuhi bagi pemohon.

"Mudah - mudahan saja, kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap satu tahun sekali, kasihan kan jika masih ada warga yang belum terlayani," pukasnya. ( agus roy )

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved