Ribuan orang meriahkan gebyar SDM KPM Program keluarga harapan - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita

Minggu, 08 Maret 2020

Ribuan orang meriahkan gebyar SDM KPM Program keluarga harapan

Ribuan orang meriahkan gebyar SDM KPM Program keluarga harapan

Tribunnews.my.id , Sukabumi

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyatakan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Sukabumi dilaksanakan sejak tahun 2007 untuk percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan dibidang perlindungan sosial yang dikenal dengan bantuan tunai bersyarat.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka Gebyar Sumber Daya Manusia dan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (SDM dan KPM PKH) di Lapang Lodaya Setra Surade Kec. Surade, Sabtu, (7/3/2020).
Kehadiran Bupati beserta rombongan disambut dengan penampilan seni tradisional unjuk kreativitas anak KPM PKH sebagai wujud kearifan terhadap warisan budaya yang harus dilestarikan.

Menurut H. Marwan Hamami pemerintah pusat sejak awal telah mencanangkan pembangunan kesejahteraan sosial sebagai agenda prioritas, anggaran perlindungan sosial di fokuskan bagi 80% masyarakat lapisan bawah diantaranya program keluarga harapan (PKH).

"PKH diberikan untuk mengurangi beban keluarga Pra Sejahtera dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan" jelasnya.

Bupati menambahkan, PKH jika dilaksanakan secara terintegrasi dengan program perlindungan sosial lainnya dapat menurunkan angka kemiskinan dan kesenjangan secara signifikan.
"kebutuhan riil Keluarga Pra Sejahtera dalam pemenuhan kebutuhan dasar terutama pelayanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial diperlukan sistem perlindungan sosial terpadu,sehingga kebijakan dan program perlindungan sosial di Kabupaten Sukabumi dapat dilakukan secara sinergis diantara berbagai pemangku kepentingan"pungkasnya.

Sementara itu ketua penyelenggara acara Ai Ristianawati dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pencapaian target 10% KPM PKH graduasi Sejahtera di tahun 2020.

" Kegiatan ini bertujuan memberikan sarana unjuk kreativitas bagi anak KPM PKH sarana evaluasi kemampuan KPM dalam konsep PKH dan implementasi kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang dilakukan oleh para pendamping PKH sebagai upaya memberikan apresiasi kepada KPM PKH yang produktif Sejahtera Mandiri" Ungkapnya.

Lebih lanjut Ai Ristianawati menyampaikan bahwa peserta Gebyar P2K2 bagi KPM berjumlah 6000 orang terdiri dari gelombang ke 1 sebanyak 3000 orang dan gelombang ke 2 sebanyak 3000 orang dengan SDM PKH berjumlah 372 orang
Pada kesempatan tersebut Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerahkan sertifikat KPM graduasi Mandiri kepada 3 orang masyarakat penerima manfaat.    (Agus)

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved