Pemdes Cikiray Salurkan BLT DD, Komarudin Berharap Bisa Meringankan Beban Masyarakat - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita

Kamis, 14 Mei 2020

Pemdes Cikiray Salurkan BLT DD, Komarudin Berharap Bisa Meringankan Beban Masyarakat

Pemdes Cikiray Salurkan BLT DD, Komarudin Berharap Bisa Meringankan Beban Masyarakat


SUKABUMI (tribunnews.my.id)- Pemerintah Desa (Pemdes) Cikiray, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Penyaluran BLT DD ini berdasarkan perubahan Peraturan Menteri PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan DD, diubah menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020.

Perubahan peraturan ini ditunjukan untuk mengatur penggunaan DD, guna mendukung pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Selain itu peraturan ini juga memuat aturan Padat Karya Tunai Desa dan BLT DD.

Kepala Desa (Kades) Cikiray, Komarudin menyampaikan, bahwa hari ini pemdes Cikiray menyalurkan BLT dari DD tahap pertama untuk bulan April. Dan untuk tahap kedua bulan Mei akan disalurkannya minggu depan.

"Diperkirakan hari Senin atau Selasa, untuk 147 KK yang menerima BLT DD. DD ini kita berikan kepada masyarakat. Kami selaku  penanggung jawab tentu tidak lepas tangan, atas bantuan para RT dan RW. Karena merekalah yang tahu mana yang layak atau tidaknya yang ada di wilayah Desa Cikiray," ujar Komarudin, kepada tribunnews.my.id, Kamis (14/5/2020).

Komarudin menuturkan, bahwa pihaknya hanya memverifikasi dan survey kelapangan untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

"Alhamdulillah, kalau saya lihat sekitar 95 persen itu tepat sasaran. Karena yang sisanya, yang lima persen untuk dialokasikan kepada korban PHK atau yang diistirahatkan dari perusahaan arum jeram kita bantu juga mereka," jelasnya.

Komarudin pun berharap, bantuan tersebut bisa membantu masyarakat. "Mudah-mudahan bantuan yang Rp 600 ribu itu bisa membantu meringankan beban selama pandemi Covid-19 ini. Dan uangnya semoga bermanfaat," pungkasnya. (Mamat. S Dolen)***

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved