Deklarasi PSN tonggak awal menuju kiprah tingkat Nasional - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita

Rabu, 22 Juli 2020

Deklarasi PSN tonggak awal menuju kiprah tingkat Nasional

Deklarasi PSN tonggak awal menuju kiprah tingkat Nasional

tribunnews.my.id | Sukabumi

Deklarasi Pers Sukabumi Ngahiji (PSN) di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Rabu (22/7/2020) berlangsung khidmat dan meriah Dari hotel berbintang empat itu, PSN menyatakan tekad untuk menjadi organisasi berlevel tingkat nasional. Tekad itu dilontarkan Ketua Umum PSN, Iwan Sugiyanto ketika menyampaikan sambutan dalam acara deklarasi PSN. Pada tahap awal, ujar Iwan, PSN akan memfokuskan kiprah dan pengabdiannya di Sukabumi, baik kota maupun kabupaten Selanjutnya setahap demi setahap menjadi organisasi nasional yang cabangnya terdapat di tiap daerah. “Organisasi kami didirikan berdasarkan prinsip kebebasan berkumpul dan berserikat yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar.


Harapan kami untuk ke depannya PSN bisa menjadi organisasi berlevel nasional,” kata Iwan di hadapan ratusan hadirin acara deklarasi PSN Sebagai organisasi wartawan, PSN telah berumur lebih dari 4 bulan. Hanya untuk deklarasinya menunggu waktu yang tepat mengingat kondisi sosial di Indonesia yang sedang dilanda wabah Covid-19. Iwan juga mengajak jajaran pengurus dan anggota PSN untuk tetap menjaga semangat agar tidak kendor serta tetap konsisten mewujudkan cita-cita organisasi. “Kami pun akan menjalin kerja sama dan sinergitas yang profesional dengan pemda, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat,” ujar dia.

Deklarasi PSN mengusung tema “Dengan semangat kemerdekaan pers, kita jadikan Pers Sukabumi Ngahiji sebagai wadah media yang menyajikan informasi yang berkeadilan, sportivitas, dan kebersamaan”. Acara dihadiri ratusan anggota PSN dan para pejabat daerah, anggota DPRD, aktivis, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Para pejabat yang hadir antara lain Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono, Dandim 0607 Letkol Arm Suyikno, S.Sos., Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Sukabumi, Kepala Kesbangpol Dody Rukman Meidianto, dan Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum Ahmad Riyadi. Dari kalangan tokoh masyarakat tampak hadir Habib Ahmad Yazdi R Alaydrus, S.H. PSN, lanjut Iwan, didirikan ketika pandemi Covid-19 sedang mencapai puncaknya. Dalam perjalanan yang relatif pendek, organisasi wartawan ini telah mendapat pengakuan dari berbagai kalangan atas kiprah dan perannya. “Kami bisa mengadakan deklarasi di hotel berbintang berkat kekompakan anggota dan kerja sama dengan berbagai kalangan. Secara legal formal, organisasi kami telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM serta Kesbangpol Kabupaten Sukabumi,” jelas Iwan.

Organisasi yang dipimpinnya, lanjut Iwan, bukanlah rival atau lawan tanding bagi organisasi sejenis PSN bersama organisasi watawan yang lainnya merupakan mitra dalam mewujudkan visi Sukabumi lebih baik. Pada acara itu Wakil Bupati dan Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi berkenan menyampaikan apresiasi atas deklarasi PSN. Wabup Sukabumi H .Adjo sardjono menyampaikan, PSN hendaknya betul-betul bisa mewadahi para jurnalis untuk mencapai tujuan organisasi. Seperti tercantum pada lagu mars, PSN gemah ripah loh jinawi untuk menciptakan masyarakat yang tenteram, makmur, dan sejahtera. “Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan terima kasih kepada insan pers, khususnya di Sukabumi yang telah ikut membangun Sukabumi melalui media Berkat media yang menjalankan fungsi sebagai lembaga informasi, Sukabumi tetap aman dan kondusif,” ujar wabup.

Adapun Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi yanh di wakili DANRAMIL Cikembar kapten Uci Sanusi memuji kehadiran PSN sebagai organisasi wartawan untuk memberikan manfaat kepada anggota, pemerintah, dan masyarakat. Organisasi ini, ujar nya sangat luar biasa karena bisa menjadi wadah ‘ngahiji’ para wartawan untuk mempercepat terwujudnya tujuan bersama. “Saya sepakat dengan tujuan PSN yaitu mewujudkan Indonesia yang makmur dan Sukabumi gemah ripah loh jinawi,” tuturnya. Setelah acara deklarasi, Iwan dan kawan-kawan mendapat berkah berupa bangunan berlantai tiga untuk kantor di Palabuhanratu dari Habib Ahmad Yazdi. PSN dipersilakan oleh Habib Ahmad untuk menggunakan gedung miliknya sebagai kantor dan pusat kegiatan. (Red)

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved