DUA HAL PENTING DISOSIALISASIKAN DALAM TALKSHOW "JAKSA MENYAPA" - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita

Jumat, 14 Agustus 2020

DUA HAL PENTING DISOSIALISASIKAN DALAM TALKSHOW "JAKSA MENYAPA"

DUA HAL PENTING DISOSIALISASIKAN DALAM TALKSHOW "JAKSA MENYAPA"

Tribunnews.my.id | Sukabumi

RCL 98 FM DAN KAMITEVE melakukan Program Talkshow Jaksa Menyapa bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/08/2020).


Talkshow yang berlangsung di kantor Kejari Sukabumi itu mengadirkan Narasumber Kepala Kejari Kabupaten Sukabumi Bambang Yunianto, SH.,  Kepala Seksi Intelejen Aditia Sulaeman, SH.,  Kepala Seksi Pidana Umum Dista Anggara, SH. dan Jaksa Pratama Pidana Umum Rasyid Kurniawan, SH.

Merebaknya pandemi berpengaruh juga terhadap bidang hukum  penyebaran COVID-19 yang masif  berdamoak pada jalannya proses penegakan hukum, salah satunya aktivitas persidangan.

Talkshow Jaksa Menyapa kali ini mengangkat tema “Sidang Online ditengah Pandemi COVID-19 dan Pengenalan Website Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi" dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat  khususnya di wilayah hukum kabupaten Sukabumi, bahwa ada perubahan pelayanan masyarakat dalam persidangan ditengah pandemi COVID-19.

Kepala Kejari Kabupaten Sukabumi Bambang Yunianto, SH., menjelaskan bahwa sidang online tersebut merupakan sebuah MOU (Memorandum of Outstanding) antara pihak Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung dan Kementerian  Hukum dan HAM dalam hal ini Direktorat Jenderal Permasyarakatan. MOU tersebut terkait kesepakatan pelaksanaan persidangan secara online selama masa pandemi COVID-19 yang akan dilaksanakan sampai dengan berakhirnya wabah COVID-19 di Indonesia.

"adapun untuk persidangan secara Online dilaksanakan di masing-masing instansi dengan menggunakan aplikasi yang saling terkoneksi, dengan demikian sudah menerapkan protokol kesehatan". ungkapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pidana Umum Dista Anggara, SH., memaparkan bahwa selama masa pandemi COVID-19 terjadi penurunan jumlah perkara yang ditangani oleh Kejari Kabupaten Sukabumi.

“selama masa pandemi COVID-19 jumlah perkara yang telah melakukan persidangan perkara mengalami penurunan hampir setengahnya atau 50% dibandingkan dengan masa sebelum COVID-19 masuk ke wilayah hukum kabupaten Sukabumi" terangnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Bambang Yunianto memperkenalkan website Kejari Kabupaten Sukabumi. Website resmi milik Kejari tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian kabupaten Sukabumi yang telah diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 tahun 2020, (22/07/2020).

Menurut Bambang Yunianto, Website terbaru  tersebut bertujuan untuk memperkenalkan profil Kejari serta mempermudah akses masyarakat yang  melakukan pengaduan.

"Ada sarana interaktif dan pengenalan program unggulan, selain itu akan ada kuis seputar hukum, bagi masyarakat yang dapat menjawab berhak mendapatkan apresiasi dari Kejari Kabupaten Sukabumi" tambahnya.

Di akhir talkshow Kepala Kejari kabupaten Sukabumi menegaskan pada prinsipnya  Kejaksaan siap melayani 24 jam, apabila masyarakat ingin berkonsultasi dengan pihak Kejari Kabupaten Sukabumi dapat menghubungi HOT LINE 0811-1900-079 atau kunjungi website  kejari-sukabumikab.go.id

“semoga website yang telah di launching bisa menampung permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan bermanfaat serta dapat digunakan secara optimal" pungkasnya.

(Ilpan Sopiandi)

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved