Bupati Hadiri Guar Bumi Desa Weragati sekaligus Launching Peci Nasional Raharja - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita

Senin, 26 Oktober 2020

Bupati Hadiri Guar Bumi Desa Weragati sekaligus Launching Peci Nasional Raharja

Bupati Hadiri Guar Bumi Desa Weragati sekaligus Launching Peci Nasional Raharja



TRIBUNNEWS.MY.ID|MAJALENGKA - Sebagai wujud syukur ke hadirat Allah SWT atas hasil panen dan juga Doa untuk memulai menanam segala jenis pertanian. Dimana kegiatan tersebut bersama masyarakat Desa Weragati Kecamatan Palsah Kab. Majalengka, gelar Guar Bumi, bertempat di Desa Weragati, Senin (26/10/2020).

Kegiatan Guar Bumi Desa Weragati berlangsung dengan menerapkan prokotol kesehatan, kegiatan Guar Bumi tersebut melibatkan warga Desa Weragati yang terdiri dari 8 blok, yaitu Blok Ahad, Blok Senen, Blok Selasa, Blok Rabu, Blok Kamis Blok Juma't, Blok Sabtu dan Blok Dukuh Maja. 

Selain itu juga kegiatan dihadiri oleh Ketua DPRD, Sekda, Dandim 0617, Staf Ahli, Asisten Daerah Kab.Majalengka, para Kepala OPD, Direktur RSUD, Para Camat, unsur Muspika Kec.Weragati, Kepala Desa Weragati beserta jajarannya serta para Kepala Desa se-Kecamatan Palasah, tokoh masyarakat, tokoh Pemuda, tokoh Agama Desa Weragati serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Desa Weragati, Drs. Ade Dodi Mardianto, pihaknya merasa bangga dan sangat berbahgia melihat kebersamaan dan juga gotong royong seluruh elemen masyarakat Desa Weragati dalam mensukseskan penyelenggaraan Guar Bumi tahun ini. 

Dalam rangkaian kegiatan Guar Bumi tidak hanya menampilkan hasil panen dari masyarakat saja akan tetapi digelar juga gelar produk UMKM hasil kreasi dari masyarakat Desa Weragati yang di tampilkan di masing-masing stand UMKM. 

Adapun tema Guar Bumi kali ini adalah "Ngaguar Potensi Inovasi jeung Jati diri ngawujudkeun desa mandiri nu ngariksa adat jeung budaya pikeun Majalengka Raharja".

"Jadi pada intinya Guar Bumi tahun ini lebih luas maknanya dengan menampilkan potensi dan juga inovasi dari masyarkat dengan khasanah adat dan budaya desa setempat yang ditampilkan dengan produk-produk UMKM guna mewujudkan desa mandiri," pungkasnya Dodi.

Dodi menambahkan, disamping gelar produk UMKM berupa hasil tani, ada salah satu produk UMKM yang baru hadir dan menjadi kebanggaan dari Desa Weragati itu sendiri yaitu produk berupa Peci Nasional, peci tersebut diberi nama Peci Nasional "Raharja". 

Kehadiran Peci Raharja tersebut akan di launching secara resmi oleh Bupati Majalengka pada kegiatan ini. 

"Kami patut berbangga dengan hadirnya produk UMKM Peci Raharja yang mendapatkan dukungan langsung dari Pemkab Majalengka dalam hal ini Bupati, semoga produk ini akan lebih bisa berkembang kedepannya sehingga menjadi icon dan kebanggaan msyarakat Majalengka umumnya," ucap Dodi.

Sementara itu sambutan Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan, bahwa kegiatan kali ini merupakan kunjungan kerja Bupati beserta rombongan para Kepala OPD.  Dalam hal ini terkait kunjungan kerja silaturahmi kepada warga mayarakat Desa Weragati.

Selain itu juga memperingati Guar Bumi yang merupakan agenda rutin tahunan diperingati. Dimana Guar Bumi merupakan tradisi adat dan budaya sunda, ketika akan mengawali menanam segala macam pertanian.

Selain itu juga sebagai bentuk syukur dan doa kehadirat allah SWT. Dalam hal ini agar apa yang akan ditanami mendapatkan hasil yang baik. Selain itu pada kesempatan kali ini, akan di launchingnya salah satu produk UMKM unggulan Desa Weragati yakni Peci Nasional Raharja. 

Lebih lanjut Bupati mengingtakan dan selalu menghimbau kepada para warga masyarakat Desa Weragati untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan dengan menerapkan 3M dalam kesehariannya, mencuci tangan, menjaga jarak dan juga memakai masker, dengan selalu mentaati protokol kesehatan kita bisa menghindari penyebaran virus Covid-19. 

Pada kegiatan Guar Bumi kali ini, kami merasa bangga bisa ikut hadir dalam suasana kegiatan yang meriah ini dengan diawali sambutan tarian adat daerah dan kemudian melihat hasil tani dari masyarakat. 

Produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat baik itu hasil tani maupun produk UMKM, harus menjadi sumber utama dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat desa Weragati.

Dalam hal ini untuk itu harus terus digali potensi-potensi hasil tani dan juga produk UMKM agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk salah satu produk unggulan UMKM desa Weragati yakni Peci Nasional Raharja, saya merasa bangga dengan produk ini, produknya baik dan nyaman dipakai dalam aktivitas baik itu keagaaman (Ibadah) maupun yg lainnya,' katanya 

Lanjut Bupati menuturkan, Penamaan Raharja dari peci ini bukan semata-mata visi Bupati dan Wakil Bupati Majalengka saja, akan tetapi sudah merupakan filosopi Majalengka itu sendiri yang berasal dari kata Majalengka Bagja Raharja.

" Siapapun Bupatinya kata Raharja sudah menjadi Trade Merk dari Majalengka, untuk itu dikenakanlah penamaan Raharja itu pada objek-objek pembangunan salah satunya Peci Raharja," pungkas Bupati. (DR)

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved