Kadiskominfo Kab. Majalengka Hadiri Kegiatan Diseminasi Optimalisasi Kinerja PPID - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita

Senin, 19 Oktober 2020

Kadiskominfo Kab. Majalengka Hadiri Kegiatan Diseminasi Optimalisasi Kinerja PPID

Kadiskominfo Kab. Majalengka Hadiri Kegiatan Diseminasi Optimalisasi Kinerja PPID


TRIBUNNEWS.MY.ID|MAJALENGKA - Dalam rangka melaksanakan kegiatan diseminasi Keterbukaan informasi publik pada PPID, Diskominfo Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Diskominfo Kab. Majalengka selenggarakan Diseminasi Optimalisasi Kinerja PPID di era Keterbukaan Informasi, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kab.Majalengka, Senin (19/10/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Seksi Kemitraan Media, perwakilan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Corporate Secretary PT.Pikiran Rakyat Bandung, para peserta Diseminasi diikuti oleh Sekretaris Dinas pada tiap OPD di Kab.Majalengka selaku Ketua PPID Dinas/Instansi sebanyak 26 OPD.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat, Setiaji, ST., M.Si yang diwakili oleh Kepala Seksi Komunikasi Publik, Indah Dwianti, S.Kom pihaknya menyampaikan, terimakasih kepada Pemkab Majalengka dalam hal ini Dinas Kominfo Kab. Majalengka yang telah mendukung dan membantu atas terselenggaranya kegiatan Diseminasi ini. 

Berdasarkan UU No.14 Tahun 2008 tentang Informasi Publik, masyarakat mempunyai ruang lebih terbuka untuk mendapatkan informasi dari badan publik Pemerintah, keterbukaan tersebut sejalan dengan salah satu pilar reformasi yang lebih transparansi.

"Secara komperhensif UU No.14 tahun 2008 ini mengatur kewajiban Badan Pejabat Publik atau masyarakat non Pemerintah lainnya, untuk bisa memberikan pelayanan informasi publik yang terbuka, transparan dan bertanggung jawab kepada masyarakat," ucap Kadiskominfo Jabar.

Lebih lanjut Kadiskominfo Jabar menyampaikan, berdasarkan hal tersebut maka perlu dibangun infrastruktur pendukung pelaksanaannya yakni setiap badan publik sesuai ketentuan UU tersebut wajib untuk membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). 

"PPID tersebut bertanggung jawab di bidang penyimpanan pendokumentasian, penyediaan layanan informasi di suatu Badan Publik, untuk menunjang hal tersebut maka perlu adanya kegiatan optimalisasi di Kab. Majalengka," kata Kadiskominfo Jabar.

Masih menurut Kadiskominfo Jabar menjelaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan teknis kepada PPID dilingkungan Pemkab Majalengka. Dalam hal ini sebagai upaya untuk membangun jejaring data informasi seputar pembangunan antara Pemprov Jabar dengan Pemkab Majalengka. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kita dapat membangun PPID yang kompeten serta membangun data informasi yang potensi mengenai berita pembangunan Jawa Barat khususnya di Kab. Majalengka," pungkasnya.

Lanjut Kadiskominfo Jabar menambahkan, dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan seluruh PPID di Kab. Majalengka memahami serta mengetahui tatacara maupun proses pelaksanaan pelayanan informasi yang baik kepada masyarakat," tutup Kadiskominfo Jabar.

Sementara itu sambutan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka, H.Gatot Sulaeman, AP., M.Si., mengucapkan selamat datang kepada rombongan Dinas Kominfo Prov. Jabar, dan juga Komisi Informasi Publik Jaba.  Tak lupa juga kami mengucapkan terimakasih atas diselenggarakannya kegiatan Diseminasi Optimalisasi Kinerja PPID di era Keterbukaan Informasi khusunya di Kab.Majalengka ini. 

"Saat ini keterbukaan informasi publik di Kab. Majalengka  dirasakan masih relatif rendah,  dibandingkan dengan Kota tetangga misalnya Kota Cirebon.  Sehingga kita berharap dengan diselenggarakannya kegiatan optimalisasi peran PPID ini dapat menghasilkan peningkatan indeks keterbukaan informasi publik di Kab. Majalengka," kata Kadiskominfo Kabupaten Majalengka.

Lanjut Kadiskominfo Kabupaten Majalengka menuturkan, tentunya kita selaku badan publik yang mengelola PPID, dapat lebih bisa memahami, dan juga memberikan informasi kepada masyarakat,  melalui tahapan yang benar menurut ketentuan UU Keterbukaan Informasi.

Lebih lanjut Kadiskominfo Kab. Majalengka mengatakan, bahwa dalam kegiatan kali ini yang dihadirkan hanya melibatkan lingkup Organisasi Perangkat Daerah (Dinas, Badan, Lembaga) terlebih dahulu belum termasuk Kecamatan. Dalam hal ini dikarenakan di masa pandemi Corona.

Dimana kegiatan menyesuaikan dengan protokol kesehatan belum bisa menghadirkan jumlah masa yang banyak. Perlu diketahui bersama bahwa di Kab.Majalengka telah merintis dan menginventarisasi informasi-informasi yang dikecualikan sejak beberapa tahun yang lalu.

Oleh karena itu dengan momentum ini diharapkan tiap-tiap OPD dapat menginventarisasi, mana saja informasi yang dapat disampaikan atau mana yang dikecualikan. Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan, adanya dialog interaktif dari tiap-tiap OPD. 

"Sehingga apa yang menjadi permasalahan sehari-hari mengenai keterbukaan informasi publik dapat terselesaikan dan tersampaikan kepada masyarakat dengan pencerahan dari para narasumber," tutup Kadiskominfo Kab.Majalengka 

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari para narasumber yakni dari Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Barat yakni Yudianingsih, S.Ag.,M.Si, pihaknya menjelaskan mengenai Keterbukaan Informasi serta kunci sukses menghasilkan Good and Clean Governance dengan tiga kunci suksesnya yakni transparansi, akuntabilitas dan partisipasi.

Sedangkan narasumber lainnya yakni Erwin Kustiman sebagai Corporate Secretary PT.Pikiran Rakyat Bandung menjelaskan mengenai Kebebasan Pers di era Keterbukaan Informasi.(DR)

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved