Wahana Wisata Situ Cipanten Tawarkan Keindahan Telaga Biru di Majalengka - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita

Senin, 26 Oktober 2020

Wahana Wisata Situ Cipanten Tawarkan Keindahan Telaga Biru di Majalengka

Wahana Wisata Situ Cipanten Tawarkan Keindahan Telaga Biru di Majalengka


TRIBUNNEWS.MY.ID|MAJALENGKA - Salah satu destinasi wisata yang berada di kabupaten Majalengka yang tidak pernah sepi pengunjung adalah Situ Cipanten. Untuk memasuki Situ Cipanten, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp 5 ribu perorang, dan biaya parkir Rp 5 ribu. Kemudian untuk sepeda motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Objek wisata air yang berlokasi di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka ini terus berbenah dengan melakukan inovasi dengan membuat berbagai wahana kekinian.

Situ Cipanten yang memiliki luas kurang lebih 1 hektare ini telah diresmikan sejak 1973. Dahulu kawasan tersebut hanya sebuah tempat pemancingan. Namun lama-kelamaan berubah menjadi tempat wisata yang banyak menarik wisatawan, baik dari Majalengka maupun dari luar Majalengka.

Lokasi yang dikelilingi pepohonan rimbun nan asri, dimana pihak pengelola menambah wahana dan fasilitas pendukung lainnya. Kemudian pengunjung dapat mengelilingi situ (danau) dengan perahu biasa atau yang beberbentuk binatang dengan cara dikayuh atau digowes.

Selain itupun, pengunjung juga dapat berenang dengan menggunakan rompi pelampung agar tidak tenggelam saat berenang dan juga di tengah situ.

Kemudian Wahana Situ Cipanten, juga tawarkan spot selfi yang dihiasi kupu-kupu plastik, dan ada pula spot Selfi beralas kayu menjorok ke tengah situ. Dan selanjutnya wahana sepeda gantung dengan merogoh uang sebesar Rp.-20 ribu, dimana pengunjung dapat bersepeda melayang di atas udara menyebrang satu sisi ke sisi situ lainnya.

Daripada itu selain sebagai kawasan wisata, Situ Cipanten juga berfungsi sebagai pengairan pertanian bagi tujuh desa di wilayah di Kecamatan Sindang. Selain itu, budidaya perikanan pun menjadi ladang mata pencaharian utama warga sekitar Situ Cipanten.

Dimana Wahana Situ Cipanten juga memanjakan para pengunjung. Dan untuk pengelola wisata diserahkan ke pengurus karang taruna setempat. Dalam hal ini untuk melakukan beberapa inovasi yang menarik para wisatawan.

“Inovasi ini supaya pengunjung punya kesan dan kenangan indah,” kata Yosep salah satu penggiat wisata, yang juga Ketua Karang Taruna Mangun Jaya Desa Sindang.

"Keberadaan Situ Cipanten yang dahulu hanya dikenal sebagai waduk buatan dan sarana cadangan air di saat kemarau, kini fungsi lainnya sebagai salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi banyak wisatawan". Ungkap Yosep.

Ditambahkan oleh Yosep bahwa potensi wisata alami kini banyak dilirik wisatawan yang haus akan suasana alam yang sejuk dan indah, serta punya keunikan tersendiri. Visit Majalengka semakin menjadi-jadi, jika setiap desa punya wisata unggulan yang dapat menghipnotis para traveler.

Ditegaskannya pula bahwa untuk pengembangan wisata Situ Cipanten, kami mengajak desa setempat agar bisa mendorong dana desa dan dapat membantu penyediaan sarana fisik berupa jembatan gantung dan paving block. Saya yakin dari wisata bias jadi magnet ekonomi rakyat,” pungkas Yosep. (DR)

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved