Amerika Serikat, Jepang, dan Perancis Akan Menggelar Latihan Militer Bersama di Bulan Mei - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Rabu, 09 Desember 2020

Amerika Serikat, Jepang, dan Perancis Akan Menggelar Latihan Militer Bersama di Bulan Mei

Amerika Serikat, Jepang, dan Perancis Akan Menggelar Latihan Militer Bersama di Bulan Mei


TRIBUNNEWS.MY.ID|JAKARTA - Amerika Serikat (AS), Jepang dan Prancis berencana mengadakan latihan militer bersama di darat dan laut pada Mei tahun depan. Latihan bersama tersebut dilakukan pertama kalinya, karena militer China meningkatkan aktivitasnya di wilayah tersebut.

Dimana Nantinya, latihan militer ini akan dilakukan di Kepulauan Senkaku Jepang yang tidak dihuni oleh penduduk.

Latihan militer itu akan berfokus pada upaya memberikan bantuan selama bencana alam, tetapi sebagian juga dapat menjadi dasar untuk pertahanan terhadap serangan, seperti diberitakan surat kabar Sankei.

"Latihan bersama itu bertujuan untuk melawan China yang mengklaim pulau-pulau yang dikuasai Jepang di Laut China Timur”, tulis laporan Reuters, Minggu (6/12/2020).

Sementara itu, dalam wawancaranya kepada Sankei, Laksamana Pierre Vandier, Kepala Staf Angkatan Laut Prancis mengatakan, latihan perang bersama itu sebagai bentuk kerja sama Jepang dan Prancis di kawasan tersebut.

"Ini adalah pesan yang ditujukan untuk China. Ini adalah pesan tentang kemitraan multilateral dan kebebasan wilayah”, kata Pierre.

Sebelumnya, China mengatakan niatnya di kawasan tersebut untuk tujuan damai. Tetapi, Jepang semakin khawatir, tentang meningkatnya aktivitas angkatan laut China di sekitar pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur. Dimana yang Tokyo sebut Senkaku, sementara Beijing mengklaim mereka Diaoyu. (HMS)

loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved