Bupati Majalengka Buka Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Senin, 21 Desember 2020

Bupati Majalengka Buka Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah

Bupati Majalengka Buka Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah

*TRIBUNNEWS.MY.ID|MAJALENGKA* - Dalam rangka optimalisasi pengelolaan persampahan di Kab.Majalengka, Tim Penggerak PKK Kab. Majalengka bersama Dinas Lingkungan Hidup adakan Sosialisasi Peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan di Kab.Majalengka, Kegiatan secara resmi dibuka oleh Bupati Majalengka, bertempat di Aula DP3AKB, Senin (21/12/2020)

Kegiatan dihadiri oleh Sekda, Ketua TP-PKK Kab. Majalengka, Ketua Dharmawanita Persatuan Kab.Majalengka, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Majalengka, Kepala DP3AKB, perwakilan Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kab. Majalengka, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Hj Nadisha Hanna Haritztin, M.M., mengatakan, adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan adalah untuk terwujudnya sinergitas antara Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup, serta TP-PKK Kabupaten dalam pengelolaan sampah.

Sambung Kadis LH menuturkan, adapun tujuan pengelolaan sampah yakni meningkatkan kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas lingkungan, menjadikan sampah sebagai sumber daya yang bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

"adapun konsep pengelolaan sampah yang akan disosialisasikan pada kegiatan ini adalah dengan konsep 3R yakni Reduce yang artinya membatasi/ mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan," kata Kadis LH.

Menurut Kadis LH menjelaskan, Reuse yang artinya memilah dan memanfaatkan sampah, dan Recycle yakni mendaur ulang sampah sejak disumbernya. Kegiatan diikuti oleh peserta Tim Penggerak PKK Kecamatan perwakilan dari 26 Kecamatan se-Kab. Majalengka.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Majalengka, Dra Hj. Dedeh Karna Sobahi menyampaikan terkait pengelolaan sampah dalam 10 program PKK merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi Pokja 3 dan Pokja 4, untuk Pokja 3.

Sambung Dra Hj. Dedeh Karna Sobahi mengatakan, Dimana lebih menitik beratkan kepada bagaimana pengelolaan sampah ini menjadi sumber yang bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat. Dan sementara itu untuk Pokja 4, lebih menitik beratkan kepada bagaimana kita harus hidup sehat dan bersih dalam pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Peran serta fungsinya Pokja ini nantinya yang akan memberikan edukasi dan juga pemahaman kepada masyarakat," imbuhnya.(DR)


loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved