Babinsa Kota Bangun Hadiri Rapat Pemetaan Dan Sinkronisasi data HPL - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Jumat, 22 Januari 2021

Babinsa Kota Bangun Hadiri Rapat Pemetaan Dan Sinkronisasi data HPL

Babinsa Kota Bangun Hadiri Rapat Pemetaan Dan Sinkronisasi data HPL

TRIBUNNEWS.MY.ID|KUTAI KATRANEGARA – Dalam upaya pemetaan dan sinkronisasi data di wilayah pedesaan, anggota Koramil 0906-09/Kota Bangun  Kodim 0906/Tenggarong bersama Dinas Transmigrasi dan pemerintahan Desa Kota Bangun, mengadakan rapat di Balai Pertemuan Umum (BPU).

Kegiatan bertempat di kantor desa Kota Bangun II jalan Madya Utama No. 1 RT. 06 kecamatan Kota Bangun kabupaten Kutai Kartanegara, Jum’at (22/1/2021).

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kota Bangun Sertu Yuwono bersama anggota Koramil Kota Bangun lainnya, dalam hal ini menghadiri acara tersebut. Dimana guna mengetahui penjelasan dari pihak Dinas Transmigrasi tentang pemetaan lahan dan sinkronisasi data Hak Pengelolaan (HPL).

Tepatnya yang berada di wilayah desa Kota Bangun II, desa Kota Bangun III dan desa Wonosari. Dimana lahan Tranmigrasi yang masih tersisa dan belum diberikan kepada warga, akan di kelola serta di manfaatkan untuk kepentingan warga desa Kota Bangun.

Seperti yang di jelaskan bapak Ridwan selaku perwakilan dari dinas transmigrasi kabupaten Kukar Hak Pengelolaan (HPL) merupakan hak kewenangan negara dalam mengelola dan memanfaatkan lahan tersebut. 

Menurut Ridwan menjelaskan, "bahwa HPL untuk kepentingan masyarakat jadi kita akan data sisa lahan transmigrasi yang tidak terpakai. Dan kita akan berikan Hak Pengelolaan lahannya kepada warga desa Kota Bangun melalui kelompok tani," katanya.

Dalam kesempatannya Sertu Yuwono juga menyampaikan," kita menyambut baik gagasan dari dinas transmigrasi kabupaten Kukar. Maka dari itu, saya harapkan Kepala Desa (kades) Kota Bangun segera mendata sisa lahan transmigrasi yang ada. 

"selanjutnya mengelola lahan tersebut untuk kepentingan warga desa diantaranya pemanfaatan lahan untuk pertanian jagung," katanya.

Menurut Sertu Yuwono lahan transmigrasi yang berada di wilayah binaannya desa Kota Bangun II dan desa Kota Bangun III cukuplah luas. Sehingga lebih baik lahan tidur tersebut, di kelola oleh warga masyarakat. 

"Dalam hal ini untuk di jadikan lahan pertanian yang produktif sehingga di harapkan bisa memajukan kesejahteraan warga desa Kota Bangun," Kata Sertu Yuwono. 

Dalam kegiatan rapat pemetaan dan sinkronisasi data HPL tersebut juga dihadiri oleh sekretaris camat (sekcam) Kota Bangun bapak Irwansyah, Kades Kota Bangun II bapak Andi, Kades Kota Bangun III bapak Suparmanto dan Kades Wonosari bapak Hartono. (FT)


loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved