Kodim 0906/Tenggarong Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Selasa, 05 Januari 2021

Kodim 0906/Tenggarong Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Kodim 0906/Tenggarong Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

TRIBUNNEWS.MY.ID|SAMARINDA – Kodim 0906/Tenggarong (Tgr) menggelar Apel kesiapsiagaan tanggap bencana. Kegiatan bertempat di lapangan upacara Makodim, yang di pimpin langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara.

Selanjutnya di damping oleh Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf. Charles Alling serta Wakapolres Kukar Kompol Erick Budi Santoso, Jl. KH. Ahmad Muksin Kelurahan Timbau Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara,  Selasa (5/1/2021).

Adapun peserta yang mengikuti Apel kesiapsiagaan tanggap bencana di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara di antaranya adalah anggota kodim 0906/Tenggarong, Polres Kukar, Satpol PP Kukar, BPBD Kukar, Dishub Kukar, Tagana, Dinas sosial dan Senkom Kukar.

Dalam amanatnya Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan "Kutai Kartanegara memiliki kondisi ekoregion yang memiliki tingkat kerawanan lingkungan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan banjir, erosi dan tanah longsor. 

Menurut Bupati Kukar menuturkan, Dimana pada kurun waktu tahun 2018 sampai tahun 2020, terdapat 671 kejadian bencana kebakaran pemukiman, 224 kejadian kebakaran hutan dan lahan, 201 kejadian banjir, 52 kejadian, dan tanah longsor sebanyak 41 kejadian.

"Saya berharap organisasi masyarakat dan lembaga lainnya yang lebih khususnya keluarga maupun individu mampu melakukan siaga dalam situasi darurat bencana secara cepat tepat. Dan melalui edukasi kebencanaan dan simulasi latihan penanganan bencana secara berkala, serta berkesinambungan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf. Charles Alling mengatakan, "Kegiatan Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana ini, sesuai dengan perintah dari pimpinan atas. Dalam hal ini untuk membackup, serta membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi saat ini.

Menurut Dandim Tenggarong menjelaskan, bahwa hasil dari informasi dari BMKG, dimana curah hujan diperkirakan di awal tahun ini sangat tinggi. Bahkan sampai dengan 3 bulan ke depan. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, kita sudah menyiapkan satu satuan setingkat peleton untuk men-support.

"Dalam konteks yang namanya mobile, seperti yang sudah di displaykan tadi sesuai arahan bapak bupati. Dan kita juga siap manakala BPBD, ataupun pemerintah daerah meminta perkuatan bantuan dari pihak TNI. Dan ini merupakan komitmen kami, untuk membantu pemerintah daerah jadi sejauh ini," kata Dandim.

Lanjut Dandim menjelaskan, kami sudah persiapkan baik itu personil dan alat-alat perlengkapan untuk mendukung tanggap bencana sesuai dengan SOP ataupun prosedur yang sudah kita miliki jadi ini adalah komitmen kami," Imbuhnya. (FT)


loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved