Poktan Santani di Desa Tegalbuleud Terima Program UPPO - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Jumat, 15 Januari 2021

Poktan Santani di Desa Tegalbuleud Terima Program UPPO

Poktan Santani di Desa Tegalbuleud Terima Program UPPO

TRIBUNNEWS.MY.ID|SUKABUMI - Kelompok Tani (POKTAN) Santani di kampung Ranca jawa, Desa Tegalbuled, Kecamatan Tegalbuled kabupaten sukabumi, menerima bantuan satu unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) dari Kementerian Pertanian (Kementan) Tahun 2020.

Dimana Program Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) yang dilengkapi Delapan ekor sapi dan alat pengolahan organik ternak, Rumah kompos, kandang komunal, Bak fermentasi dan kendaraan roda 3 untuk mobilisasi angkut pakan rumput, fasilitas terpadu pengolahan bahan organik, jerami ,limbah ternak, sisa tanaman, limbah panen, sampah organik menjadi kompos (Pupuk Organik).

Ketua kelompok tani (Poktan) Santani Yana permana ketika dikonfirmasi mengatakan, Dengan adanya program ini, Kita bisa mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran hewan. Dimana yang dimiliki kelompok peternak sebagai bahan baku kompos (pupuk organik).

"Dimana dapat membantu Petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk organik, dalam hal ini untuk petani. Dan juga menggantikan kebutuhan pupuk An-organik, memperbaiki kesuburan, dan produktivitas lahan pertanian," terang Yana sa'at di temui Reporter tribunnews.my.id di Rumahnya, Kamis (14/01/2021)


Menurut ketua Poktan Santani menuturkan, Selain untuk meningkatkan populasi ternak program ini, juga membuka kesempatan usaha dan lapangan kerja di daerah Tegalbuled. Dimana media pelatihan dan penelitian bagi berbagai kalangan mahasiswa, masyarakat, termasuk petani, serta melestarikan sumberdaya lahan pertanian dan lingkungan. 

"Apalagi negara indonesia daerah yang agraris, ini salah satu kesempatan dan motivasi untuk mengembalikan  mindset generasi muda ke bidang pertanian kedepannya," kata Yana.

Sambung Yana menjelaskan, Dan kami mengapresiasi kinerja dari pemerintahan desa sampai pusat, yang telah ikut andil dalam program indonesia menuju organik, Sudah memberi peluang dan peduli terhadap santri tani.

"Dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjasa sehingga kami bisa mendapatkan progran ini. sehingga terrealisasi dengan baik,mudah mudahan kedepannya program ini berkesinambungan," imbuh Yana. (AR)


loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved