Tingkatkan Profesionalitas Prajurit, Korem 071/Wijayakusuma Gelar Latihan Perorangan - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Sabtu, 16 Januari 2021

Tingkatkan Profesionalitas Prajurit, Korem 071/Wijayakusuma Gelar Latihan Perorangan

Tingkatkan Profesionalitas Prajurit, Korem 071/Wijayakusuma Gelar Latihan Perorangan

TRIBUNNEWS.MY.ID|BANYUMAS - Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) merupakan upaya satuan untuk memelihara, dan meningkatkan profesionalitas prajurit dalam penguasaan, serta keterampilannya pada jabatan masing-masing yang diemban.

Dalam hal ini agar memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial baik secara perorangan maupun dalam hubungan kelompok. 

Guna untuk melihat sejauh mana keprofesionalitasan prajuritnya tersebut, Korem 071/Wijayakusuma menggelar Latihan Perorangan Dasar (Latorsar), di lapangan apel Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja, Banyumas. Jumat (15/1/2021). 

Dengan tidak melanggar aturan di masa pandemi Covid-19, latihan perorangan dilakukan sesuai standar protokol kesehatan. 

Kegiatan pembinaan latihan Korem 071/Wijayakusuma ini dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan mengacu kepada program latihan standarisasi (Proglatsi). Ini sesuai dengan program kerja sementara Korem 071/Wijayakusuma pada Triwulan-I Tahun 2021. 

Kasiopsrem 071/Wijayakusuma, Mayor Inf Yusuf Prasetyo selaku penanggung jawab Latihan Perorangan mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk melatih tingkat keterampilan perorangan seluruh personel Makorem 071/Wk, dengan harapan para personil tersebut mampu melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab sesuai dengan Tingkat Kecakapan yang diembannya. 

"Kegiatan latihan perorangan dasar ini diikuti oleh seluruh personil Korem 071/Wijayakusuma sesuai dengan tingkat kecakapan yang diuji sesuai BPUP. Segala bentuk materi yang diberikan kepada prajurit ini, diharapkan dapat dikuasai untuk menunjang tugas sebagai prajurit yang berdinas di Korem 071/Wijayakusuma, sehingga pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh para prajurit terlaksana dengan baik dan optimal", ungkapnya. 

Sementara itu, Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., mengatakan, prajurit Wijayakusuma, dituntut profesional dalam menguasai dan mahir melaksanakan tugas sesuai dengan tingkat kecakapan sesuai Bujuk BPUP. 

"Karenanya, berkenaan dengan keprofesionalitasan prajurit khususnya kemampuan prajurit dalam mengemban tugasnya maka Korem 071/Wijayakusuma  menggelar Latihan Perorangan Dasar Tamtama dan Bintara. Hal ini, guna untuk mencapai tingkatan keprofesionalitasan prajurit", ujarnya.

Dikatakan bahwa, ini diperlukan latihan secara maksimal, bertahap, bertingkat dan berlanjut diawali dengan latihan perorangan sampai latihan satuan. Dalam hal ini untuk mencegah terjadinya kesalah-pahaman dalam pengaplikasian prosedur, dan teknik sesuai tugas dan tanggung jawab yang diemban prajurit.

"Latihan Perorangan Dasar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan prajurit Korem 071/Wijayakusuma pada tingkat keterampilan sesuai BPUP masing-masing," ujar Danrem.

Menurutnya Danrem menuturkan, Sehingga bisa menjadi prajurit yang disiplin, profesional, solid, berwawasan kebangsaan dan mencintai, serta dicintai rakyatnya. Karena menyikapi era globalisasi dan modernisasi saat ini kesiapan dan kecakapan prajurit sangat diperlukan. 

"Juga untuk memelihara, meningkatkan dan mengetahui tingkat pengetahuan dan ketrampilan perorangan prajurit. Dimana sesuai Buku Pedoman Umum Prajurit (BPUP) serta sasarannya bagi Bintara dan Tamtama adalah mampu dan memahami tingkat keterampilan dalam BPUP", lanjutnya.

Adapun materi yang dilatihkan pada pelaksanaan Latihan Perorangan Dasar, untuk Personel Korem 071/Wijayakusuma sesuai dengan tugasnya sebagai komando teritorial. Materi yang dilatihkan sesuai BPUP 2 sampai dengan BPUP 7 dari mulai pangkat Pratu sampai dengan Peltu.

Materi yang dilatihkan dari dasar yaitu tentang sumpah prajurit dan delapan wajib TNI, pengumpulan keterangan dan lapor cepat serta bagaimana mencari data Geo, Demo, Komsos hingga ke materi yang lebih mendalam.

Dalam hal ini untuk pangkat Serka dan Serma yaitu menguji materi spesialisasi tentang Intelter, spesialisasi ketatalaksanaan Binter, spesialisasi pembinaan ketahanan wilayah, spesialisasi komunikasi sosial dan spesialisasi bhakti TNI. (DD)


loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved