Kodim 0913/PPU Gelar Simulasi Pelaksanaan Vaksinasi Khusus Publik - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Sabtu, 27 Februari 2021

Kodim 0913/PPU Gelar Simulasi Pelaksanaan Vaksinasi Khusus Publik

Kodim 0913/PPU Gelar Simulasi Pelaksanaan Vaksinasi Khusus Publik

TRIBUNNEWS.MY.ID|PENAJAM – Dalam Rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan memberikan kekebalan dalam tubuh. Dimana Kodim 0913/PPU menggelar simulasi pelaksanaan Vaksinasi Gelombang II Fase I.

Dalam hal ini terhadap Anggota Kodim 0913/PPU, yang rencana akan di laksanakan pada hari Senin dan Selasa (1 s/d 2 Maret ) minggu depan.(Sabtu 27/2/2021)

Adapun tahapan pelaksanaan simulasi antara lain Protokol Kesehatan serta terdapat 4 meja, mulai dari meja 1 Pendaftaran yaitu Verifikasi Absen Peserta,Verifikasi input KTP dan Verifikator KTP yang tidak terdaftar.

Meja 2 Screaning Kesehatan meliputi, Pemeriksaan Tensi dan diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin. Dimana termasuk calon penerima vaksin, akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

Dan untuk meja 3 adalah  Pemberian Vaksin, selanjutnya menuju meja ke 4 yaitu Observasi/Pasca Vaksin. Dimana Pasien menerima surat kembali Vaksin Fase kedua, serta Pasien menunggu reaksi selama 30 menit  Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin.

Dandim 0913/PPU menjelaskan, Anggota TNI - AD khususnya yang mempunyai wilayah territorial seperti Kodim maupun Koramil merupakan garda terdepan. Dimana untuk itu kita harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat. 

"Karena vaksinasi ini merupakan program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga setiap masyarakat harus mengambil bagian dalam menyukseskannya,” Ujar Letkol Inf Dharmawan. 

Menurut Dandim, Selain itu, kepatuhan dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan penangganan Covid-19 terus dilakukan dalam setiap aktivitas terutama saat beraktivitas di luar rumah, mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. (FT)


loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved