Sat Brimob Polda Jabar Lakukan Inspeksi Mendadak ke Pedagang Pasar Cipanas - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Minggu, 07 Februari 2021

Sat Brimob Polda Jabar Lakukan Inspeksi Mendadak ke Pedagang Pasar Cipanas

Sat Brimob Polda Jabar Lakukan Inspeksi Mendadak ke Pedagang Pasar Cipanas

TRIBUNNEWS.MY.ID|CIANJUR - Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia, sebagaimana tersebut dalam pasal 27 UUD 1945 maupun dalam Deklarasi Roma (1996). 

Pertimbangan tersebut mendasari terbitnya UU No. 7/1996 tentang Pangan. Sebagai kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia, pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. 

Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidak-stabilan ekonomi. Berbagai gejolak sosial dan politik dapat juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu. Kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.

Bagi Indonesia, pangan sering diidentikkan dengan beras karena jenis pangan ini merupakan makanan pokok utama. 

Menurut Dansat Brimob Polda Jabar mengatakan, Pengalaman telah membuktikan kepada kita, bahwa gangguan pada ketahanan pangan seperti meroketnya kenaikan harga beras pada waktu krisis ekonomi 1997/1998. Dimana yang berkembang menjadi krisis multidimensi, telah memicu kerawanan sosial yang membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.

"Untuk itu demi tercipta kestabilan harga bahan pangan di pasar,  anggota Sat  Brimob Polda Jabar  melaksanakan patroli dialogis dimana yang menjadi sasaran adalah agen-agen beras," katanya.

Dan kegiatan tersebut, bertujuan untuk selalu memberi himbauan kepada pedagang. Dimana agar kestabilan harga harus tetap di jaga. Dan tak lupa anggota juga memberikan pesar-pesan akan pentingnya  protokol kesehatan ketika berdagang.

Ditempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., membenarkan adanya Inspeksi ini. 

"Benar kami adakan inspeksi dadakan kepasar, kegiatan  ini merupakan salah satu bentuk Bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

Lanjut Dansat Brimob Polda Jabar mengatakan, Ini merupakan wujud Bhakti Sat Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cianjur. Dan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Sat Brimob Polda Jabar. Dimana dengan Masyarakat dalam menjaga Kamtibmas pangan Nasional ″, ujar Kombes Pol. Yuri Karsono.S.I.K. (FT)


loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved