Anggota MPR RI Fraksi Gerindra Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Buol - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Senin, 15 Maret 2021

Anggota MPR RI Fraksi Gerindra Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Buol

Anggota MPR RI Fraksi Gerindra Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Buol

TRIBUNNEWS.MY.ID|BUOL - Anggota MPR-RI Dapil Sulawesi Tengah Dr. Supratman Andi Agtas, SH.MH, menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kabupaten Buol, Selasa (9/3/ 2021).

Dalam Sosialisasinya yang berlangsung di Aula Pertemuan Kelurahan Buol Kecamatan Biau  tersebut, Politisi Partai Gerindra yang dekat dengan semua kalangan, Andi Supratman.

" Setiap Anggota MPR-RI, berkewajiban untuk selalu mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat di Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah," katanya.

Hal ini menurut Andi Supratman, sebagai wujud tanggung jawab penyelenggara Negara. Dimana untuk selalu dapat menciptakan keadaan yang kondusif bagi masyarakat.

Menurut beliau, bahwa betapa pentingnya pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai Empat pilar MPR-RI bagi setiap warga negara di seluruh wilayah tanah air sekalipun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia, bahkan dunia. 

Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai GERINDRA tersebut, sejak menjadi anggota MPR-RI mulai dari periode 2014-2019 sampai dengan Periode 2019-2024 tak bosan-bosannya mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Seluruh kabupaten di Daerah pemilihannya Sulawesi Tengah.

Andi Supratman yang akrab dengan sapaan "Pak Maman" berharap, dengan sosialisasi ini masyarakat akan selalu mendapatkan informasi-informasi untuk selalu menjaga Idiologi Bangsa, yaitu Pancasila, Nasionalisme,Patriotisme serta  menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sebagai bangsa yang besar dan plural, dengan semangat Bhineka Tunggal Ika, tentunya senantiasa menjaga nilai-nilai luhur dan kearifan lokal yang ada dalam negara yang sama kita cintai ini,"tuturnya.

Pada kesempatan sosialisasi Empat Pilar tersebut, salah satu nara sumber yang juga sebagai Anggota DPRD Kab. Buol, Ahmad Andi Makka, S.Ag., mengatakan bahwa  Empat Pilar itu adalah tiang penyangga utama suatu bangunan Negara agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh.

Menurutnya, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan, guna mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Konsep Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut kata Andi Makka, Legislator parlemen Buol tiga Periode ini, yaitu terdiri dari  Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, kedudukannya berada di atas tiga pilar yang lain,"tegasnya.

Dijelaskannya bahwa Empat pilar tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri.

Menurutnya, Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar tersebut adalah prinsip moral ke Indonesiaan. Dimana yang memandu tecapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Lebih lanjut dalam penyampaian materi tersebut, dikatakan oleh Andi Makka, bahwa Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena Pancasila memiliki fungsi sangat fundamental. 

Pancasila sebagai dasar filosofis dan sebagai perilaku kehidupan, artinya, Pancasila merupakan falsafah negara dan pandangan atau cara hidup bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam mencapai cita-cita nasional.

Dijelaskannya pula bahwa, Pancasila menjadi karakter masyarakat Indonesia sehingga menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Pancasila juga merupakan rujukan, acuan sekaligus tujuan dalam pembangunan karakter bangsa, tandasnya.

Saat menutup kegiatan tersebut Andi Makka memberikan ujian kepada peserta sosialiasi yang dapat mengucapkan Pancasila secara sempurna dan berurutan tanpa teks.

"Maka akan diberikan hadiah  Uang sebagai hiburan  dalam memaksimalkan kegiatan sosialisasi tersebut, pelaksanaan sosialisasi tetap mempedomani protkol kesehatan," imbuhnya.

Liputan: Husni Sese



loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved