Media Online PD IWO Purwakarta Jalin Sinergi Bersama Pemprov Jabar - TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita -->

Kamis, 11 Maret 2021

Media Online PD IWO Purwakarta Jalin Sinergi Bersama Pemprov Jabar

Media Online PD IWO Purwakarta Jalin Sinergi Bersama Pemprov Jabar

TRIBUNNEWS.MY.ID|PURWAKARTA - Ikatan Wartawan Online (IWO) PD Purwakarta jalin silaturahmi dengan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat (Pemprov). Dimana dengan diawali Swab Test Covid-19 sebelum memasuki ruangan istimewa Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum bersama Kabag Materi dan Komunikasi Pimpinan. Rabu, (10/03/2021).

PD IWO Purwakarta yang diketuai Dody Budiarsyah bersama Pembina IWO Maldiansyah dan perwakilan pengurus Ikatan Wartawan Online Purwakarta, Teguh (Sekjend), Saepul (Humas), Murfito Adi (Bapelitbang) Silaturahmi kedatangan kami di sambut dengan baik.

Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum menyambut baik kehadiran pengurus IWO Purwakarta. Karena menurutnya, pemerintah sangat butuh kehadiran media. Citra baik pemerintah sangat bergantung pada bagaimana media menulis berita tentang pemerintah.

"Jika media ikhlas mengabarkan berita positif maka masyarakat juga akan menilai baik pemerintah. Namun jika media memiliki tujuan tertentu, berita baik pun tidak akan menjadi positif, ujung-ujungnya program pemerintah tidak akan direspon dengan baik," Kata Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum.

Menurut beliau berpesan kepada Pengurus IWO Kabupaten Purwakarta menjelaskan, Ada istilah apa kata wartawan, itu kata media. Wartawan harus punya nilai kebangsaan. Ia harus memiliki nilai nasionalisme dan patriotisme, sehingga ketika menulis berita ia akan menulis sesuai dengan nuraninya.

Hasil survei menyatakan, bahwa informasi atas keputusan yang dilakukan oleh pemerintah lebih cepat diterima masyarakat melalui media. Dan 15% informasi sampai kepada wali kota atau bupati yang diteruskan kepada masyarakat. Tapi 40-50% itu informasi yang menyebar lewat media. 

"Seperti Pemprov Jabar hari ini ada keputusan, pasti langsung menyebar lewat media. Kalau melalui bupati/wali kota harus melalui surat, belum di disposisi, dan sebagainya, sehingga membutuhkan waktu lebih lama," kata Kang Uu.

Masih menurut Wakil Gubernur Jawa barat, Misalnya hari ini ada kejadian di Gunung Halu. Kalau tidak lewat media, informasi itu lama sampai kepada pemerintah, sehingga Pemprov Jabar bisa langsung menentukan sikap.

"Wartawan diharapkan memiliki kepribadian yang baik dan menjauhi berita hoaks," Kang Uu berpesan kepada Pengurus IWO Kabupaten Purwakarta.

Sambung Wakil Gubernur Jawa barat menuturkan, Selain itu jika media ingin bekerja sama, agar difasilitasi oleh Diskominfo dan Biro Adpim. Silakan diatur agar saling menguntungkan dengan adanya organisasi yang legal.

Ditempat yang sama, Kabag Materi dan Komunikasi Pimpinan (MKP) berharap bisa bekerja sama dengan baik, Proses kerja sama bisa melalui Bagian MKP atau Bidang IKP di Diskominfo, 

Kabag MKP berpesan kepada Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) kabupaten Purwakarta," agar arahan Bapak Wakil Gubernur Jawa Barat dapat diselaraskan dan dilaksanakan dengan baik," terangnya.

Dody Budiarsyah selaku Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) PD Purwakarta, mengucapkan terimakasih banyak Bapak Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum atas waktu, nasehat serta arahannya. Dan juga sinergitasnya bersama IWO, terimakasih juga Bapak Kabag Materi dan Komunikasi Pimpinan yang sudah memberikan arahannya juga.

"IWO akan terus dorong Pemprov Jabar dalam menyampaikan informasi kegiatan pemerintahan dan pelayanan publik, atau pelayanan ke masyarakat secara positif melalu media Online yang tergabung dalam organisasi IWO PD Purwakarta," pungkasnya. (FT)


loading...

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 TRIBUNNEWS, Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved